/Bausung Pangantin Tradisi Pangantin Banjar

Bausung Pangantin Tradisi Pangantin Banjar

Pangantin Bausung atau Bausung Pangantin adalah salah satu prosesi yang ada dalam tradisi pernikahan/perkawinan yang ada di Kalimantan Selatan, khususnya di daerah hulu sungai.

Tradisi ini, dibeberapa tempat di Banua (Kalsel) sering disebut “Bausung Jinggung” dimana pasangan pengantin diusung diatas bahu untuk menuju pelaminan.

Prosesi Bausung sendiri, dilaksanakan jika mempelai pria dan wanita telah selesai dirias dan siap untuk disandingkan, maka pengantin pria segera dibawa menuju kediaman mempelai wanita.

Pengantin pria dengan diiringi rombongan pengantar pengantin dan diikuti pula kesenian Sinoman Hadrah atau Kuda Gipang dibawa berjalan kaki.

Jarak untuk berjalan kaki tersebut, biasanya ditentukan batasnya agar tidak terlalu kelelahan.

Sepanjang jalan yang dilalui dan pada tempat-tempat tertentu dilakukan atraksi sinoman hadrah yang dilakukan dengan gerakan-gerakan badan diikuti pukulan tarbang dan syair-syair lagu penuh syukur dan keceriaan.

#Budayakita #budayabanjar #budaya #budayaindonesia #budayabanua #budayabanuabanjar #orangbanua #orangbanjar #oranghulu #oranghulusungai #balangan #orangbalanganjua #banjar #banjarmasin #kalsel @ South Kalimantan